E-Business, E-Commerce dan SEO
Senin, Oktober 09, 2017
E-Business
Electronic Business atau E-Business
adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui
perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung
berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang
lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat
memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada e-business
digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang
berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu perusahaan.
E-business dapat dikatakan juga sebagai iklan
supaya para konsumen dapat membeli produk-produk perusahaan. Sehingga
e-business sangat berguna bagi e-comerce, karena fungsi dari e-business
yaitu untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti bagian
prroduksi, finance, marketing dll. Jadi perusahaan akan menggunakan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya
sehingga mendapatkan keuntungan.
Strategi e-business
pada perusahaan
Adapun
konsep atau strategi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business
dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:
a.
ERP
(Enterprise Resource Planning)
Merupakan strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan
yang dapat digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi
yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.

Apakah
yang dimaksud E-Business?
b.
EAI
(Enterprise Application Programs)
Merupakan strategi bisnis menganai konsep integrasi dari
proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan dapat bertukar informasi.
c.
CRM
(Customer Relationship Management)
Merupakan strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere)
yang di desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
d.
SCM (Supply
Chain Management)
Merupakan strategi manajemen mengenai rantai suplai yang
secara otomatis akan terkomputerisasi.
Keuntungan
yang bisa di dapatkan dari e-business
Beberapa
keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business, yang diantaranya seperti:
- Memperluas pasar, dengan e-business perusahaan atau pembisnis dapat memperluas pasarnya sehingga dapat memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis dapat menjangkau banyak pelanggan.
- Menekan biaya telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
- Konsumen dapat melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual.
- Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.
Kelebihan dan kelemahan e-business
Adapun beberapa keunggulan dari e-business, yang
diantaranya sebagai berikut:
a.
Akses yang mudah
Maksudnya supaya dapat terhubung
atau berinteraksi jarak jauh atau tidak langsung dengan konsumen, para
pembisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai.
b.
Lebih tepat sasaran
Jadi para pembisnis yang
mempromosikan produknya akan lebih tepat sasaran, sehingga konsumenpun akan
bertambah.
c.
Menghemat waktu
Jika untuk berinteraksi ataupun
bertransaksi harus menemui konsumen atau menemui rekan bisnis, maka dengan
e-business komunikasi dapat dilakukan secara online di internet sehingga dapat
menghemat waktu.
d.
Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Adapun beberapa kelebihan dari e-business, yang
diantaranya sebagai berikut:
a.
Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan konsumen
maupun sebaliknya
Jadi tidak ada akses antara
pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan terjadi tatap muka secara
langsung antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu harus membuat
kesepakatan terlebih dahulu.
b.
Beresiko terjadinya penipuan
E-Commers
E commerce atau electronic
commerce hadir seiring dengan perkembangan internet yang sangat pesat. E
commerce menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kegiatan belanja baik
pria maupun wanita. E commerce hadir dalam menjawab tuntutan gaya hidup modern
manusia yang menuntut kemudahan dan kecepatan dalam segala bidang. Tidak hanya
pembeli yang dimudahkan dan dimanjakan dalam proses jual beli, penjual-pun juga
dimudahkan untuk menjual produk / dagangan mereka dengan mudah dan cepat
dibandingkan menjual melalui toko offline. Mulai muncul marketplace
startup yang menjadi rumah bagi penjual online / online shop
ini.
Jenis E-Commerce
1. E-Commerce Business to
Business (B2B)
E-Commerce
Business to Business (B2B) merupakan
bisnis e commerce yang dijalankan oleh orang atau pihak yang saling memiliki
kepentingan bisnis di dalamnya, dimana kedua belah pihak sudah saling mengenal
dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.
B2B merupakan jenis bisnis yang
dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan dalam suatu ikatan
bisnis tertentu atas dasar saling menguntungkan dan saling percaya.
Contoh
bisnis e commerce B2B yaitu dua perusahaan yang saling mengadakan
transaksi jual beli melalui transaksi online di internet yang pembayaran
menggunakan kartu kredit.
2. E-Commerce Business to
Customer (B2C)
E-Commerce
Business to Customer (B2C) adalah
jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsume, seperti antara
produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online.
Pihak produsen melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke
konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali
kepada pihak produsen (tidak berlangganan). Artinya produsen hanya menjual
produk atau jasa dan konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
3. E-Commerce Consumen to Business (C2B)
E-Commerce
Consumen to Business (C2B) dilakukan
oleh konsumen kepada produsen yang menjual produk / jasa. Contoh: konsumen akan
memberitahukan detail produk / jasa yang dia inginkan melalui media internet,
kemudian produsen akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh
konsumen tersebut.
Search Engine Optimization
SEO (Search Engine Optimization) adalah
suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar
meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan
melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya
melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO /
Greyhat SEO. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan.
Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan berbahaya dengan tujuan
mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO
merupakan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah
website. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk
meningkatkan peringkat website.
Manfaat SEO
Teknik SEO sebenarnya banyak memberikan
dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya sendiri
tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate
ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate.
Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat,
sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali
ke website anda (Sistem Kepercayaan).
Keuntungan SEO
1.
Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada
halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang
sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data
hasil pencarian dari Google
Planner.
2.
Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang
seperti lazada.co.id yang menjual
aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google
dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah
95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3.
Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika
posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan
lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya
sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah
mengerti mengenai keuntungan SEO.
Dasar SEO
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang
sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena
hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin
menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci.
1.
On
Page SEO
Mendengar kata diatas pastinya sudah
tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para pemula
di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website
dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan
dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google,
juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan
akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page
seo :
a.
Tittle tag
Title Tag itu sama
seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title
tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama
menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag
yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Title Tag dapat
diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan
WordPress, untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara
mengganti title tag tersebut.
b.
Meta Description
Meta descriptions adalah keterangan dari
suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta
description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya
dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
c.
URL
Singkatan dari
Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format
standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti
dokumen dan gambar di Internet, itu menurut wikipedia anda dapat membacanya disini.
kalau menurut saya
simpel saja URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju
suatu halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/”
jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
d.
Heading
Heading adalah
sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html.
Heading berbeda dengan tag
< title >
.
Html menyediakan enam tingkatan heading,
dimana heading level 1 (
< h1 >
)
adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (<
h6 >
) adalah yang terkecil.2. Off Page SEO
Off Page Search Engine
Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs
(menggunakan backlink), Backlink adalah Link dari halaman
situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page
Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google
sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs
authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi
seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan
lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs akan
di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority
tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata
kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.
0 komentar