Analisa Program Pada Pemrograman Jaringan

Selasa, Mei 15, 2018



1.       Get IP

pada bagian awal program ini terdapat pemberian nilai pada variable host yang nilainya adalah null atau kosong. Variable tersebut nantinya akan diisikan dengan IP Lokal yang digunakan pada setiap komputer, dengan menggunakan fungsi getLocalHost. pada tahap ini nilai nya akan disimpan kembali pada variable lain yang bernama ip, variable ini bertipe data byte dan variable ini adalah variable array. Tak hanya itu, prosesnya belum selesai sampai disini. Tahapan selanjutnya adalah pengubahan IP Lokal dengan menggunakan looping For / Perulangan For. Menggunakan nilai awal 0 yang disimpan pada variable I, menggunakan kondisi untuk variable I harus lebih kecil dari panjang nilai pada variable ip, dan terakhir nilai pada variable I akan ditambah dengan 1 agar perulangannya berjalan.

Output Program ;


2.       Get NAME
InetAddress berfungsi untuk mengambil atau meminta alamat IP pada komputer atau laptop yang sedang digunakan. Kemudian masuk kedalam program untuk lebih detailnya bagaimana cara mendapatkan nama komputer/laptop yang sedang kita gunakan yaitu dengan bantuan variable host yang diberi nilai null atau kosong nanti variable ini akan digunakan untuk menyimpan IP Lokal yang kita gunakan untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan dalam kasus ini. Selanjutnya nilai pada variable host yang sudah berisikan IP Lokal akan diproses kembali dengan menggunakan fungsi getHostName yang berfungsi untuk nama komputer yang sedang kita gunakan.

Output Program ;


3.       IP to NAME
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan nama komputer yang sedang digunakan. Coba program berikut ini bisa dengan keadaan online maupun offline, jika dalam keadaan offline maka gunakan IP localhost yaitu 127.0.0.1, jika dalam keadaan online maka gunakanlah sesuai IP dalam keadaan online dengan cara cek pada bagian ipconfig.
Pada program ini menggunakan library InetAddress, saya ulang kembali ya agar pembaca ingat terus. InetAddress berguna untuk mengambil atau meminta alamat IP yang sedang kita gunakan. Pada awal program, terdapat kondisi apabila inputan tidak bernilai atau tidak disertakan dengan input maka program akan langsung keluar atau terhenti dengan kondisi args.length == 0 dengan perintah untuk memberi informasi kepada pengguna bahwa saat menjalankan program harus disertakan IP Address yang digunakan.
Apabila percabangan tersebut tidak bernilai 0, maka masuk kedalam try – catch yang bermakna apapun masalahnya maju terus pantang mundur. Pada saat try, program mencoba mengambil nilai berupa nama dari inputan pengguna yaitu args[0], kalau nilainya salah atau tidak diketahui maka masuk kedalam bagian catch yang menggunakan jenis Exception UnknownHostException. Jika inputan pengguna diketahui maka IP tersebut akan diubah menjadi nama komputer yang digunakan.
Output ;


4.      NSLOOKUP

IP address sesuai dengan Nama Komputer. Dimana Class NsLoookup ini memiliki sebuah kondisi jika panjangnya IP=0, maka akan ditampilkan “Pemakaian : Java NsLookup <hostname>”, jika tidak maka langsung tampilkan IP Addres dari Nama Komputer yang digunakan. pada blok program diatas juga terdapat penanganan error Try-catch. Dimana fungsi Try akan menjalakan InetAddress.getByName(host) yang disimpan ke variabel address untuk menampilkan Nama Komputer berdasarkan Hostname. Jika tidak program akan menjalankan Catch dengan menampilkan pesan “Unknown Host”.

5.      Client – Server
Berikut adalah source code Server

Program akan mendeklarasikan variabel TESTPORT yang bertipe data integer sebagai alamat port yang nantinya digunakan program, lalu program akan mendeklarasikan variabel checkServer, line, is, os, dan cliensocket.

Selanjutnya program akan menguji port yang diberikan dengan menginisialisasi objek ServerSocket dengan argumen TESTPORT kemudian program akan mencetak “Aplikasi Server hidup …”, apabila terjadi kesalahan maka akan dilakukan eksepsi IOException,

Kemudian program akan mencoba menerima data yang dikirimkan dari client dengan menggunakan fungsi accept(). lalu program akan menciptakan inputan dan aliran output untuk client berdasarkan value yang diperoleh dari client.

Berikut adalah source code Client

Program akan melakukan pengecek ip yang diberikan sebagai argumen merupakan host yang sedang menjalankan program server. kemudian program akan meminta user untuk memberikan inputan sebagai data yang akan dikirimkan ke server, setelah data dikirimkan program client akan langsung menerima hasil yang dikirimkan oleh server.




You Might Also Like

0 komentar

C O N T A C T

Nama

Email *

Pesan *